Generasi Muda Adalah Penyelamat Bumi di Masa Depan


Oceans Robbins (36 tahun), mulai berkampanye sejak umur tujuh tahun. Kepeduliannya pada lingkungan menjadi salah satu alasan dirinya mendirikan YES! (Youth for Environmental Sanity) pada tahun 1990. YES! bertujuan untuk mengajak para remaja di seluruh dunia untuk menjaga lingkungan. Sejak saat itu, YES! berhasil menghimpun 620.000 siswa di sekolah – sekolah, dan mengadakan perkemahan untuk pemimpin dan aktivis muda. Ocean mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya dari EarthSave sebagai Volunteer Of the Year Award.

Bisa ceritakan tentang YES! ?

YES! berawal dari sebuah organisasi kecil yang bertujuan menghimpun seluruh pemuda di dunia untuk menyumbangkan ide-ide mereka agar dunia menjadi lebih baik. Inti dari YES! adalah menghubungkan, memotivasi dan bekerja sama untuk mewujudkan impian.

Apa saja proyek yang dikerjakan YES! selama ini ?

Kami mengadakan berbagai workshop dan kegiatan berkemah selama 82 minggu. Perkemahan ini diikuti oleh pemuda-pemudi dari 55 negara. YES! juga membantu pembentukan 400 lembaga nonprofit untuk melakukan hal-hal yang positif. kami juga berhasil menggalang dana 400.000 dolar AS dalam setahun. serta mensponsori berbagai workshop diberbagai negara, seperti Singapura, Kosta Rika, Rusia, Finlandia, Kanada, Belanda, India, dan juga ke seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Kami juga mengadakan The World Youth Jam, yaitu semacam pertemuan antara para pemuda di bawah usia 30 tahun dari seluruh dunia dengan berbagai macam latar belakang budaya yang berbeda. Dalam pertemuan ini, kami saling berbagi mengenai pengetahuan dan impian dan juga komitmen tentang perubahan yang lebih baik.

Buku Apakah yang sudah ditulis, bisa ceritakan sedikit isi dari buku tersebut ?

Aku ingin mengajak smua generasi muda di dunia untuk membangun sebuah dunia yang lebih baik. Oleh karena itu, melalui buku Choices For Our Future : A Generation Rising For Life On Earth, aku ingin berbagi harapan dengan generasi muda di dunia tentang isu-isu seputar masalah lingkungan dan cara membuat pilihan untuk dunia yang lebih baik.

Sumber : BERANI ( Koran :Berita Anak Indonesia) tgl 6 Januari 2010 hal. 16

Satu pemikiran pada “Generasi Muda Adalah Penyelamat Bumi di Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s