Forum RHLBT


Logo FRHLBTForum Reklamasi Hutan pada Lahan Bekas Tambang (FRHLBT) merupakan suatu wahana untuk mengembangkan dan merekomendasikan proses serta teknologi reklamasi bagian kawasan hutan di tapak bekas tambang agar semakin berkualitas dan sekaligus menjadi lembaga kajian serta mitra dari para pemangku kepentingan.

Semangat mendasar pembentukan Forum Reklamasi Hutan pada Lahan Bekas Tambang adalah untuk meningkatkan pemahaman kita pada langkah reklamasi dan teknologi yang digunakan untuk menjaga kelestarian bumi, terutama dalam peran aktif mencegah peningkatan panas bumi.

Forum RHLBT telah menyelenggarakan pertemuan Menteri Kehutanan dengan Menteri Sumberdaya Mineral serta para CEO perusahaan pertambangan, guna menyampaikan kepada khalayak bahwa industry pertambangan di Indonesia mengikatkan niatnya pada reklamasi dan rehabilitasi. Dalam acara tersebut telah dilaksanakan pendeklarasian forum yang disertai oleh para pimpinan perusahaan.

Forum Reklamasi Hutan pada Lahan Bekas Tambang (Forum RHLBT) dibentuk pada tanggal 15 Agustus 2007 atas inisiatif bersama antara Departemen Kehutanan dan Departemen ESDM, perusahaan pertambangan, Asosiasi Perusahaan Batubara Indonesia (APBI-ICMA) dan Asosiasi Pertambangan Indonesia (IMA-API), sebagai stakeholder utama dalam pelaksanaan reklamasi hutan yang diharapkan dapat meningkatkan upaya-upaya reklamasi pada lahan bekas tambang dan lahan kritis.

LINGKUP KEGIATAN

Ruang lingkup kegiatan Forum RHLBT meliputi :

1. Sebagai media komunikasi antara stakeholder (Pertambangan, Kehutanan dan Lingkungan Hidup)

2. Sebagai mitra pemerintah untuk mendorong percepatan pelaksanaan reklamasi hutan

3. Wadah untuk mengembangkan dan merekomendasikan proses dan teknologi reklamasi, kajian dan penyebaran teknologi reklamasi, serta untuk mendorong   pengembangan sumber daya manusia

4. Meningkatkan kesadaran lingkungan kepada masyarakat umum dan masyarakat tambang khususnya dalam konteks penghijauan melalui reklamasi

Melalui Forum RHLBT, pelaku industri pertambangan juga concern untuk menghutankan lahan-lahan kritis akibat kegiatan industri lain utamanya sekitar tambang.

2 pemikiran pada “Forum RHLBT

  1. Great ..menarik sekali ..mudah-mudahan forum ini akan banyak memberi masukan maupun informasi mengenai reklamasi dan teknologinya bagi yang membutuhkan maupun sebagai wadah komunikasi yg bermanfaat. Barvo !!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s