10 Peralatan Yang Akan Memudahkan Kamu Menjadi Youtuber


Artikel kali ini akan menjelaskan tentang peralatan apa saja yang harus Kamu miliki untuk menjadi Youtuber yang sukses. Jika Kamu sangat tertarik untuk menjadi Youtuber, maka alat berupa kamera saja tidak akan cukup karena masih banyak peralatan lain yang diperlukan untuk membuat video di Youtube. Selain peralatan, cara membuat video di Youtube juga membutuhkan perhatian Kamu.

Pembuatan narasi, sudut pandang, layout, editing, dan lain-lain harus dipertimbangkan. Semua proses ini diperlukan untuk menghasilkan video yang berkualias untuk dimasukkan ke Youtube. Proses yang Kamu lakukan dengan serius bisa menghasilkan video dengan kualitas paling bagus. Bahkan video Kamu akan diminati oleh banyak orang.

Di Bawah Ini Adalah Peralatan Yang Harus Kamu Siapkan Supaya Jadi Youtuber Yang Sukses.

1. Kamera

Peralatan yang paling penting adalah kamera. Ada berbagai macam kamera yang bisa Kamu gunakan untuk membuat video dengan kualitas gambar yang jelas dan jernih. Kamu harus memilih kamera dengan resolusi yang tinggi. Kualitas gambar yang bagus akan membuat penonton merasa nyaman melihat video Kamu. Kamera Smartphone bisa Kamu gunakan jika Kamu masih ingin coba-coba saja.

2. Microphone

Video yang bagus tidak hanya dilihat dari kualitas gambarnya saja, tetapi juga dari kualitas suara yang dihasilkan. Video yang lebih mengutamakan narasi harus mempunyai kualitas suara yang jernih. Bagi Kamu yang membuat video dengan konsep banyak bicara di depan kamera, harus mempunyai peralatan microphone.

Kamu tidak perlu membeli microphone yang terlalu mahal. Beli saja microphone yang bisa menghasilkan kualitas suara yang jelas. Kamu harus membeli microphone yang sesuai dengan budget yang sudah Kamu siapkan.

3. Stabilizer Kamera

Bagi Kamu yang sangat menyukai konsep membuat video yang diambil di lingkungan outdoor atau daily vlog, maka peralatan yang Kamu perlukan adalah camera stabilizer. Alat ini membantu supaya kamera yang Kamu pegang tidak bergoyang atau terkena guncangan sehingga video yang Kamu buat lebih nyaman ketika dilihat. Jika video Kamu bergoyang-goyang, pasti penonton akan pusing melihat video tersebut.

4. Kartu Memori

Untuk Kamu yang ingin membuat video di Youtube, memory card atau kartu memori yang hanya berkapasitas 8 GB pasti tidak cukup. Kamu memerlukan kartu memori sebagai cadangan jika kartu memori yang sudah biasa Kamu gunakan penuh. Selain kapasitas kartu memori yang lebih besar, Kamu memerlukan kartu memori dengan kualitas yang bagus supaya data yang Kamu simpan tidak hilang karena kartu memori rusak.

5. Tripod Atau Monopod

Alat ini mempunyai fungsi yang sama dengan stabilizer. Alat ini berfungsi supaya posisi kamera tetap stabil dan tidak bergetar sehingga Kamu bisa mengambil gambar dengan tenang. Tripod dan monopod tidak hanya diperlukan ketika membuat video di dalam ruangan tetapi juga bisa untuk membuat video di luar ruangan.

6. Laptop Atau Komputer

Laptop atau komputer punya perang yang paling penting dan harus Kamu miliki. Laptop digunakan untuk merekam video dan menyalin video dari memory card. Kamu bisa menggunakan laptop atau komputer yang mempunyai spesifikasi tinggi. Spesifikasi minimal yang harus ada dalam laptop Kamu adalah RAM 4 GB dan processor quad core.

7. Lighting

Harga camera lighting yang asli cukup mahal. Namun harganya sebanding dengan manfaat yang Kamu dapatkan. Kamu akan lebih nyaman ketika membuat video. Sinar dari lampu tersebut tidak akan membuat mata menjadi silau. Selain itu, lighting untuk camera juga hemat energi sehingga tidak mengonsumsi listrik dalam jumlah besar. Lighting ini berguna supaya detail video bisa lebih ditampilkan lagi. Jika Kamu belum punya dana, gunakan saja lampu LED lebih dulu.

8. Software Untuk Edit Video Dan Gambar

Sebenarnya untuk membuat video dengan hasil edit yang baik, Kamu tidak harus menggunakan software yang berbayar. Hal yang paling penting adalah kemampuan Kamu dalam mengedit video tersebut. Jika Kamu masih pemula, cobalah Corel Video Studio Pro X8. Ini adalah software yang mudah untuk digunakan dan cocok untuk pemula.

Jika Kamu sudah ahli, gunakan Sony Vegas Pro atau software lain yang lebih canggih. Selain edit video, gambar yang akan ditambahkan di dalam video tersebut juga memerlukan software editing. Kamu bisa membuat karakter yang unik, kolom komentar, membuat icon, template, thumbnail, dan gambar lain supaya video Kamu terlihat lebih menarik. Kamu bisa menggunakan Corel Draw atau Adobe Photoshop untuk mengedit gambar.

9. Efek Lagu, Suara, Musik, Dan Template

Video yang menarik bisa ditambahkan dengan lagu atau musik dan efek lainnya. Kamu bisa membuat video menjadi lebih dramatis dengan menambahkan efek unik berupa ledakan, suara air, dan lain sebagainya.

Tetapi ingat jika kamu menyisipkan musik atau audio kedalam video yang kamu buat dan audio tersebut memiliki lisensi berbayar, maka tidak akan muncul iklan pada video yang kamu upload ke dalam youtube. Dan otomatis tidak ada iklan tidak akan ada uang.

Kalaupun muncul akan ada catatan khusus terhadap video kamu. Tipsnya adalah gunakanlah musik pengiring tidak berbayar yang telah disediakan oleh YouTube. Kamu bisa mengunduh musik dengan nol rupiah Youtube Music Library.

10. Koneksi Internet Cepat

Video dengan kualitas HD dan resolusi 720p dengan durasi 5 menit saja akan memiliki ukuran lebih dari 200 MB sehingga jika ingin upload video tersebut, pastikan Kamu mempunyai koneksi internet yang cepat.

Koneksi internet yang cepat harus didukung dengan modem atau device internet yang mumpuni. Untuk saat ini satu-satunya yang saya rekomendasikan untuk kamu miliki untuk memiliki koneksi internet cepat adalah modem 4G atau smartphone 4G.

Cobalah mencari mengenai hal tersebut dan temukan produk yang terbaik untuk kamu miliki Dan menunjang dunia Vlog yang sedang kamu tekuni.

Tips Upload Video Supaya Lancar

Satu-satunya masalah yang paling menghambat bagi para Vloger setelah proses produksi adalah proses upload, jika vloger tersebut berada di daerah yang kurang memiliki sinyal seluler yang kuat maka proses upload video akan memakan waktu sangat lama atau bahkan mengalami kegagalan. Di bawah ini akan membantu kamu menanggulangi problem tersebut.

  • Gunakan waktu malam (12 malam +) atau pagi untuk melakukan upload video dan gunakan waktu sore hingga malam sebelum jam 12.00 malam untuk produksi video. Hal itu sangat masuk akal karena koneksi setelah jam 12.00 malam sampai pagi kurang lebih jam 09.00 atau jam 10.00 siang masih dalam keadaan senggang. Sehingga proses upload lebih cepat daripada melakukan upload video di jam jam ramai.
  • Perkecil ukuran video jika memungkinkan namun hal ini tidak disarankan karena akan mengurangi kualitas dari video tersebut. Atau kamu bisa menggunakan tips yang pernah saya share yaitu memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya.
  • Gunakan penguat sinyal dan Gunakan fiber optic. Demikian untuk hari ini semoga semakin sukses di dunia vlog terima kasih.

Sumber : techno.khedisfile.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s