Ini Wilayah Rawan Terjadi Kebakaran Hutan


JAKARTA, – Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) memperkuat upaya pencegahan kebakaran hutan dengan mendeteksi semua kawasan rawan dan memastikan kapasitas yang cukup untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Deteksi kawasan rawan tersebut mencatat ada delapan provinsi yang memiliki potensi terjadinya kebakaran hutan yaitu Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur,” kata Deputi III Bidang Kerusakan Lingkungan KLH Arief Yuwono kepada Antara di Jakarta, Selasa (15/7).

Dia menjelaskan, selain deteksi kawasan rawan, memperkuat kapasitas yang ada dilakukan dengan memberikan pembinaan kepada masyarakat peduli api (MPA), yang secara sukarela mengawasi, mengontrol dan memadamkan api jika terjadi kebakaran hutan.

“MPA ini juga dilatih untuk memberikan sosialisasi serta kampanye menjaga hutan. Bahkan mulai menerapkan sistem pengkaderan,” ujarnya dikutip Antara.

Arief menuturkan MPA terdiri dari 50 orang warga yang terpencar di sebuah kawasan rawan kebakaran hutan. Misalnya, kawasan rawan kebakaran hutan yang ada di Desa Sepahat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau dan Kelurahan Rasau Jaya, Kabupaten Kuburaya, Provinsi Kalimantan Barat.

Adanya data yang detail mengenai kawasan mana saja rawan kebakaran, ujarnya, akan mempermudah upaya penanggulangan jika terjadi kebakaran dan diharapkan MPA ini dapat ditularkan ke wilayah lain yang berpotensi sama.

Dia menyebutkan ternyata kebakaran hutan ini memiliki karakteristik tersendiri yaitu terjadi berulang kali di kawasan yang sama sehingga pihaknya mulai melakukan pencegahan di lokasi-lokasi rawan.

“Jadi kami menerapkan sistem kerucut ketika mendeteksi, awalnya mendeteksi provinsi yang rawan, lalu mengecil ke kabupaten/kota, ke kelurahan hingga ke desa,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan prediksi Fire Danger Rating System (FDRS) dan curah hujan menurun yang diinfokan oleh BMKG, maka kebakaran lahan dan hutan berpotensi terjadi delapan provinsi rawan (Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan). Kebakaran tersebut berpeluang lebih menyebar dalam periode yang lebih panjang, karena dipicu oleh fenomena el nino. (Ant).

Sumber : BeritaLingkungan.com

Satu pemikiran pada “Ini Wilayah Rawan Terjadi Kebakaran Hutan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s