SUKSESKAN GERAKAN SATU MILYAR PENANAMAN POHON


Pemerintah menetapkan tanggal 28 November 2010 sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN).  Tema HMPI 2010 adalah “Penanaman Satu Milyar Pohon”. Pencanangan gerakan Penanaman satu milyar pohon ini dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  di bendungan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Pemilihan tema tersebut selaras dengan komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% dengan upaya sendiri. Serta 41 % dengan dukungan internasional pada tahun 2020. Waktu pelaksanaan penanaman satu milyar pohon telah ditetapkan mulai tanggal 1 Februari 2010 sampai dengan 31 Januari 2011.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Negara Hj. Any Yudhoyono, beserta para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan jajaran Kepala Pemerintahan mulai dari tingkat Provinsi, hingga Kabupaten/Kota.

Presiden dalam sambutannya mengatakan “kita harus menciptakan budaya menanam pohon, bukan budaya main tebang pohon, karena ini menyangkut masa depan generasi kita dan masyarakat lainnya di masa depan. Semua berangkat dari kecintaan kita terhadap alam, sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan”.

“ jika kita dapat menanam satu milyar pohon  setiap tahunnya, maka tiga puluh tahun dari sekaran Indonesia akan berubah total menjadi yang lingkungannya baik dan hutannya baik” lanjutnya.

Dalam acara ini Presiden melakukan video conference dengan Gubernur Jawa Timur, Sukarwo, Gubernur Sulawesi Selatan, Sahrul Yasin Limpo, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noordin. Dalam keasempatan itu, Presiden menanyakan beberapa hal seputar kegiatan penanaman pohon yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Dirjen Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial Kementerian Kehutanan Harry Santoso menyatakan upaya untuk menungkatkan kesadaran menanam pohon perlu terus dilakukan. Karena dengan menanam pohon selain dapat memperbaiki tata lingkungan yang rusak, juga menjadi bagian penting dalam upaya menahan laju perubahan iklim.

“Aksi tanam satu milyar pohon batang pohon ini kami harapkan bisa meningkatkan tentang perlunya rehabilitasi hutan dan lahan yang rusak dan bahaya pemanasan global” kata Harry.

Penandatanganan kesepakatan juga dilakukan untuk menyukseskan Gerakan Menanam Pohon Indonesia oleh sembilan Pimpinan Partai Politik. Yaitu Partai Demokrat, Golkar, PDIP,PKS, PAN,PPP, PKB, GERINDRA, HANURA yang disaksikan oleh Menteri Kehutanan.
sumber : Greenmining Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s