Hubungan Etika, Moral dan Teknologi


Pertama-tama saya akan sedikit menjelaskan pengertian dari Etika, Moral Dan Teknologi, karena dari ketiga aspek ini maka akan terbentuknya suatu ilmu baru pada perkembangan kehidupan manusia yang sebelumnya tidak ada maka menjadi ada.

Etika

Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi.  Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, maka objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruknya terhadap perbuatan atau tingkah laku manusia.

Etika terbagi 2 jenis :

– Etika filosofis secara harfiah dapat dikatakan sebagai etika yang berasal dari kegiatan berfilsafat atau berpikir, yang dilakukan oleh manusia.

– Etika teologis bukan hanya milik agama tertentu, melainkan setiap agama dapat memiliki etika teologisnya masing-masing. Selain itu etika teologis merupakan bagian dari etika secara umum, karena banyak unsur-unsur di dalamnya yang terdapat dalam etika secara umum, dan dapat dimengerti setelah memahami etika secara umum.

Moral

Moral (Moralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang mempunyai nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia.

Moral secara ekplisit adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu tanpa moral manusia tidak bisa melakukan proses sosialisasi.

Moral juga dapat diartikan sebagai sikap,perilaku,tindakan,kelakuan yang dilakukan seseorang pada saat mencoba melakukan sesuatu berdasarkan pengalaman,tafsiran,suara hati,serta nasihat.

Teknologi

Teknologi adalah mesin penggerak pertumbuhan melalui industri. Oleh sebab itu, tepat momentumnya jika kita merenungkan masalah teknologi, memperkirakan apa yang ingin kita capai dan bagaimana caranya memperoleh teknologi yang kita perlukan itu, serta mengamati betapa besar dampaknya terhadap transformasi budaya kita. Sebagian dari kita beranggapan teknologi adalah barang atau sesuatu yang baru. Padahal, kalau kita membaca sejarah, teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontemporer. Setiap zaman memiliki teknologinya sendiri.

Hubungannya

Dari penjelasan ketiga aspek tersebut maka saya akan mencoba mencari hubunganya, pada zaman sekarang ini kehidupan masyarakat khususnya Ibukota Jakarta bersifat heterogen dan hedonis, maksudnya kehidupan sosialnya berbeda-beda dan lebih kecenderungan individualisme atau lebih mementingkan kepentingannya sendiri. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan kecemburuan social akan terjadi.

Satu hal yang baru-baru ini sedang hot adalah video mesum artis, hal tersebut merupakan ketidakseimbangan antara etika, moral dan berteknologi karena mereka tidak bisa menempatkan penggunaan teknologi tepat guna yang beretika dan bermoral.

Tetapi apabila kita sebagai manusia menerapkan etika dan moral yang baik dan benar maka hal – hal buruk akan dapat diminimalisir melainkan dengan adanya teknologi baru maka suatu teknologi tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang baru yang dapat mempermudah atau mempercepat segala kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Seharusnya keselarasan antara etika, moral dan berteknologi dapat dimanfaatkan dengan tepat tujuan. Misalnya penemuan mesin penggerak roda yang menggunakan bahan bakar solar (tenaga matahari) oleh ilmuwan, sumber bahan bakar tersebut masih tersedia banyak dan irit dalam penggunaannya.

Maka hubungan antara etika, moral dan teknologi harus dijalankan secara bersamaan sesuai nilai-nilai normanya yang telah diatur dalam agama atau hukum negara yang berlaku sehingga akan terciptanya suatu keselarasan yang baik dalam berteknologi. Jangan sampai terciptanya penyalahgunaan teknologi melainkan harus terciptanya manfaat baik yg tepat guna dari teknologi tersebut karena tanpa adanya etika dan moral yg baik maka tidak ada pula teknologi yang baik.

catatan:

untuk penjelasan dari pengertian ketiga aspek tersebut sebagian saya kutip dari

Wikipedia (id) dengan kata kunci : etika, moral dan teknologi

4 pemikiran pada “Hubungan Etika, Moral dan Teknologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s