Kartu Kredit “Chip”, Apa Tuh?


Kompas – Senin, 4 Januari
Kartu Kredit “Chip”, Apa Tuh?

JAKARTA, KOMPAS.com — Sosialisasi penggunaan kartu kredit berteknologi chip telah dilakukan, tetapi ternyata masih ada beberapa pengguna yang belum mengetahuinya.

Hal ini terungkap ketika Kompas.com, Minggu (3/1/2010), secara acak menanyakan hal ini kepada sejumlah pengunjung di pusat perbelanjaan di Jakarta. “Wah, sudah ada, ya? Saya malah belum tahu,” ujar Lisa, seorang pengunjung Plaza Semanggi, Minggu.

Lisa mengaku telah menjadi pelanggan bank penerbit kartu kredit berskala nasional selama setahun. Namun, ketika karyawan swasta ini mengeluarkan kartu kreditnya, barulah Lisa sadar bahwa kartu kredit miliknya telah berteknologi chip.

Selain Lisa, Yani pun mengaku belum mendapat sosialisasi aturan penggunaan kartu kredit berteknologi chip, sesuai Peraturan BI No 11/11/PBI/2009 tentang Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK). “Terus terang saya belum tahu. Saya sudah lama tidak membaca koran,” kata pengguna kartu kredit bank asing ini beralasan.

Namun, lagi-lagi, begitu dijelaskan, Yani baru menyadari bahwa kartu kreditnya telah dilengkapi teknologi chip.

Namun, ada juga pengguna yang telah mengetahui sosialisasi kartu ini. Hal ini diakui Yohanna dan Alex Tansil kepada secara terpisah. “Iya, sudah tahu. Saya sudah dikirimkan pengganti kartu kredit gesek (magnetic stripe) beberapa bulan yang lalu,” ujar Yohanna.

Yohanna, yang berprofesi sebagai sekretaris di salah satu perusahaan swasta di Jalan Rasuna Said ini, menambahkan, begitu kartu kredit chip digunakan, maka kartu kredit magnetik dari bank penerbit yang sama otomatis tidak dapat digunakan lagi.

Hal yang sama diungkapkan Alex. “Saya sudah tahu. Tapi per tanggal 1 Januari kemarin saya belum pernah pakai kartu kredit chip,” ujar Alex, seorang akuntan publik di sebuah kantor akuntan publik di bilangan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Kartu kredit berteknologi chip, kendati proses transaksinya lebih lama, dipercaya dapat mencegah perusakan dan pemalsuan kartu alias fraud. Dengan teknologi chip, kartu kredit dimasukkan sedemikian rupa pada mesin khusus pembaca identitas chip bernama electronic data capture.

Satu pemikiran pada “Kartu Kredit “Chip”, Apa Tuh?

  1. kalau saya mending ga pny kartu kredit lah…, selaen takut kecopetan & ilang juga berat buat bayar administrasinya….wedew……enak emang tinggal gesek tapi klo kelupaan byr bisa di tageh….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s