Serangan Cyber Korut Lumpuhkan Situs di AS


By Renne R.A Kawilarang

VIVAnews – Kamis, Juli 9

VIVAnews – Pihak berwenang di Amerika Serikat (AS) curiga kepada Korea Utara (Korut) sebagai penyebab serangan cyber atas sejumlah laman milik pemerintah AS dan Korea Selatan (Korsel). Namun mereka mengaku sulit untuk segera melacak para penyabot internet (cracker).

Serangan cyber melanda puluhan laman pemerintah dan pribadi di AS. Ini menandakan pemerintah AS masih tak kuasa untuk mengantisipasi serangan cyber itu. Imbasnya, laman milik Departemen Keuangan dan Komisi Perdagangan Federal sempat tutup akibat serangan piranti lunak.

Serangkan itu berlangsung selama berhari-hari sepanjang libur akhir pekan. Bahkan para cracker juga bisa menembus laman milik Departemen Pertahanan (Pentagon) dan Kantor Presiden AS (Gedung Putih) walau hanya menimbulkan gangguan kecil.

Pihak berwenang curiga bahwa para penyabot menggunakan jaringan internet dari Korut. Serangan cyber pun melanda sejumlah laman milik pemerintah Korsel, Selasa 7 Juli 2009. Namun pihak berwenang belum buru-buru menyatakan bahwa pemerintah Korut bertanggungjawab atas serangan itu kendati berasal dari jaringan internet di negara komunis itu. (AP)

2 pemikiran pada “Serangan Cyber Korut Lumpuhkan Situs di AS

  1. Ping balik: Serangan Cyber Korut Lumpuhkan Situs di AS « Blog'na Tysar | Bisnis Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s