Pemprov DKI Kucurkan Beasiswa untuk 8.709 Pelajar


Tahun ini Pemprov DKI Jakarta melalui Yayasan Beasiswa Jakarta, mengucurkan beasiswa untuk 8.709 pelajar dan mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Para pelajar dan mahasiswa tersebut akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp1,2 juta sampai Rp7 juta selama setahun.

Untuk Tahun Ajaran 2008/2009 Pemprov DKI mengalokasikan anggaran sebesar Rp11,6 miliar yang terbagi untuk 6.788 siswa SLTA, SMK dan MA sebesar Rp8,145 miliar. Masing-masing siswa mendapat beasiswa sebesar Rp1,2 juta per tahun hingga tamat.

Sementara untuk 1.212 mahasiswa, Pemprov menyiapkan anggaran sebesar Rp2,181 miliar. Satu mahasiswa mendapatkan dana bantuan Rp1,8 juta untuk satu tahun masa ajaran. Beasiswa juga diberikan kepada 214 siswa dan mahasiswa berbakat pada event nasional dan internasional dengan anggaran Rp408 juta. Bagi peraih medali emas diberikan Rp 2 juta dan medali perak Rp 1.75 juta.

Dana beasiswa juga dialokasikan kepada 350 siswa SMK peserta kartu gakin sebesar Rp 630 juta. Setiap siswa SMK tersebut memperoleh beasiswa sebesar Rp1,8 juta untuk satu tahun ajaran.

Beasiswa juga diberikan sebagai bantuan penulisan skripsi untuk mahasiswa semester IX sebanyak 129 orang dengan anggaran Rp129 juta, lalu beasiswa sebagai bantuan penulisan thesis dan disertai untuk program S2 dan S3 sebanyak 6 orang sebesar Rp 113 juta atau masing-masing mendapatkan Rp 7.062 per-mahasiswa.

Menurut Ketua Yayasan Beasiswa Jakarta (YBJ), Djailani, program ini untuk membantu mengurangi beban biaya pendidikan serta memotivasi siswa agar dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tingg lagi.

“Kami ingin memecahkan masalah kekurangmampuan keluarga miskin untuk mensekolahkan anak-anak mereka,” katanya.

Djailani menjelaskan, dana beasiswa didapatkan dari APBD DKI. Sejak tahun 2004 hingga tahun ini, YBJ mengucurkan dana beasiswa sebesar Rp63 miliar untuk 83 ribu siswa dan mahasiswa.

Adapun syarat untuk mendapatkan bantuan beasiswa yaitu bertempat tinggal dan bersekolah di Jakarta. Umur tidak lebih dari 20 tahun untuk siswa SLTA dan 25 tahun untuk mahasiswa. Nilai raport rata-rata 7 untuk SLTA dan IPK 3 untuk mahasiswa. Berkelakuan baik,belum bekerja,surat belum menikah dan surat keterangan tidak mampu.

Sumber : http://www.berita8.com

2 pemikiran pada “Pemprov DKI Kucurkan Beasiswa untuk 8.709 Pelajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s